Saturday, October 24, 2015

Sekilas Pemrograman C# (C Sharp)

C# adalah perpanjangan tangan dari Microsoft Visual J++. Awalnya Microsoft merancangang Visual J++ untuk mengaplikasikan bahasa java pada sistem operasi windows dan meningkatkan performa antarmuka Microsoft Component Object Model (COM), namun karena terkendala dengan pemegang hak cipta bahasa java (Un Microsystems) akhirnya proyek itupun dihentikan dan dicari penggantinya. Dengan berpandangan bahwa bahasa yang menggantikan haruslah lebih “hebat” dan lebih general purpose daripada bahasa yang lain maka kemudian dirancanglah bahasa C#. prencangan nya memakan waktu kurang lebih selama 10 tahun dan dipimpin Anders Heslberg sebagai kepala devisi perancangan. Anders Helsberg adalah mantan karyawan Borland yang telah merancang berbagai bahasa pemrograman seperti Turbo Pascal , Delphi, dan juga salah satu komponen dalam Visual J++ yaitu Windows Foundation Classes (WFC). 

Struktur C#
Keterangan :
1.    Keyword using digunakan untuk memberitahu compiler class apa yang sedang digunakan pada aplikasi.
2.    Keyword namespace digunakan untuk mendeklarasikan ruang lingkup dari class yang dibuat. Class di dalam namespace dapat dipanggil dengan mencantumkan nama spacenya terlebih dahulu.
3.    Using System; pada baris pertama mempunyai arti bahwa user dapat menggunakan class-class yang ada pada namespace System.
4.    Staticmenunjukan tipe method.
5.    Void menunjukan bahwa method tidak mengembalikan nilai atau objek.
6.    Main merupakan nama method utama program C#.
7.    String merupakan tipe argument yang akan diterima sebagai parameter dari command C#.
8.    Args merupakan array argument yang dapat ditambahkan pada saat menggunakan command C# untuk menjalankan program C#.

Kelebihan C#
1.  Flexible: C# program dapat di eksekusi di mesin computer sendiri atau di transmiskan melalui web dan di eksekusi di computer lainnya.
2.    Powerful: C# memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang lengkap tetapi dengan gaya bahasa yang lebih diperhalus sehingga memudahkan penggunanya
3.    Easier to use: C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan memberitahu dimana letak kesalahan kita bila ada kesalahan dalam aplikasi , hal ini dapat mengurangi waktu kita dalam mencari error.
4.    Visually oriented: The .NET library code yang digunakan oleh C# menyediakan bantuan yang dibutuhkan untuk membuat tampilan yang complicated dengan frames, dropdown , tabbed windows, group button , scroll bar , background image, dan lainnya.
5.    Secure: Anysemua bahasa pemprograman yg digunakan untuk kebutuhan internet mesti memiliki security yg benar-benar aman untuk menghindari aksi kejahatan dari pihak lain seperti hacker , C# memiliki segudang fitur untuk menanganinya.” 

1 comment:

  1. Chi Titanium Flat Iron Set at home - Titanium Arts
    › kit-etian-italic-furniture › kit-etian-italic-furniture titanium road bike Buy a cheap TITIAN ford titanium GOLD set at home. We buy a set babyliss pro titanium flat iron of titanium wood stoves tittor and nickel gold set at titanium ore terraria home.

    ReplyDelete

Ads Inside Post